5 Pelajaran Penting dari Steve Jobs untuk Internet Marketers

0
1805

steve jobsSiapa tidak kenal Steve Jobs, sang pendiri Apple ? Bahkan saat sudah meninggalpun, ulasan, cerita, kesuksesan serta keuletannya membangun Apple masih terus menjadi magnet yang menarik bagi banyak orang, bukan saja bagi penggemar teknologi dan produk Apple, pesona Steve Jobs jauh lebih luas dari itu. Dan tidak sedikit pula orang yang mengidolakannya dan menjadikannya sebagai role model untuk terjun ke bisnis teknologi dan bisnis pada umumnya. Jika Anda seperti saya (salah satu yang terinspirasi) maka tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak menyimak apa-apa saja yang bisa kita pelajari dari kehidupan dan kesuksesan seorang Steve Jobs berikut ini:

Stay Focused on 1 Thing at a Time

Tetaplah fokus pada satu hal sepanjang waktu

Saat Steve Jobs kembali ke Apple pada tahun 1997 dia mengomentari keterpurukan Apple disebabkan karena perusahaan dan tim kreatifnya terlalu sibuk pada ratusan hal pada waktu yang bersamaan. Kondisi ini tidak hanya menguras energi perusahaan namun sekaligus mengurangi produktivitas perusahaan secara keseluruhan.

Sama seperti kondisi Apple pada tahun 1997-an, kita sebagai internet marketers seringkali tidak fokus pada teknik marketing yang harus kita lakukan namun malah kadang bekerja tanpa planning dengan berpindah dari satu niche ke niche lain untuk mencari peruntungan. Memetik pelajaran dari Steve Jobs, mari kita fokus 100% pada project yang kita kerjakan dan jangan tergoda dengan model bisnis baru di internet marketing karena akan membuat kita melangkah dari awal kembali. Percayalah bahwa setiap individu dan perusahaan adalah unik dan berbeda serta tidak semua teknik yang sukses dipakai oleh orang lain akan bekerja untuk Anda.

A Single Picture Works More than 100,000 Words

Sebuah gambar akan bekerja lebih kuat daripada 100,000 kata-kata

Prinsip ini diterapkan oleh Steve Jobs secara konsisten pada teknik promosi perusahaannya. Apple di bawah Jobs, menggunakan lebih banyak gambar atau video dan meminimalkan kata-kata dalam iklan-iklan produknya. Kenapa harus gambar atau video ? Ini karena keduanya akan memiliki pengaruh langsung dan memudahkan orang yang melihat iklan untuk menangkap pesan-pesan dari iklan gambar atau video dibandingkan iklan teks.

Pelajaran terpenting kedua dari Steve Jobs bagi para internet marketers adalah usaha kita dalam internet marketing akan lebih sukses (tepat sasaran) jika kita memasukkan strategi-strategi infographic, video pemasaran, dan sejenisnya. Sekali lagi hal ini boleh Anda catat, gambar dan video akan memiliki efek viral lebih kuat dibandingkan kata-kata.

Create a Culture of Innovation

Ciptakan Budaya Inovasi

Ada satu kutipan cemerlang dari Jobs, “Being the richest man in the cemetery doesn’t matter to me. Going to bed at night saying we’ve done something wonderful, that’s what matters to me.” Dari ucapannya Steve Jobs tidak melulu mengejar uang dan kekayaan, sebagai pribadi Jobs lebih ingin dikenang melalui karya-karya dan inovasinya di dunia teknologi. Steve Jobs selalu percaya pada kekuatan inovasi dalam mengarungi bisnis, bahkan dia selalu menyemangati timnya untuk terus melakukan inovasi.

Sebagai internet marketers kadang kita terpancang pada teknik-teknik tertentu yang telah membuat seseorang sukses mendulang kekayaan secara cepat melalui internet. Menilik pengalaman Steve Jobs tidak ada salahnya kita mencoba untuk mengembangkan suatu inovasi dalam strategi SEO yang yang benar-benar baru, karena barangkali inovasi strategi tadi akan menjadi kunci sukses kita. Dan bagi kami di Teknofans, inovasi terbaik adalah membuat konten dengan lebih baik dan tentu saja unik. Berikan reader atau target market kita hal-hal baru yang belum pernah disajikan oleh kompetitor kita sebelumnya.

Never Forget Time is short

Jangan pernah lupa bahwa waktu itu singkat

Ini yang kadang kita lupakan, bahwa kegiatan internet marketing kita dibatasi oleh waktu. Menghabiskan waktu dengan beralih dari satu model bisnis internet marketing ke model bisnis internet marketing lainnya tentu saja akan menguras waktu kita. Mari kita petik pelajaran kembali dari kehidupan Steve Jobs yang cukup singkat, 56 tahun. Namun dalam waktu yang tidak terlalu lama tersebut kita semua bisa merasakan produk-produk inovatifnya. Hampir semua produk yang diciptakan oleh Steve Jobs dilakukan dengan waktu yang reltif cepat dan singkat, bahkan revolusi inovasi produk-produk yang diciptakan oleh Steve Jobs tidak memberikan cukup waktu bagi kompetitornya untuk sekedar berpikir akan melakukan hal yang sama.

Hanya dengan terus berfokus pada strategi pemasaran, maka seorang internet marketers akan merasakan perubahan dalam usahanya untuk kemudian dapat tidak hanya menjadi follower namun bisa menjadi seorang leader dalam internet marketing.

Learn from your Customers

Belajarlah dari Pelanggan Anda

Kadang kala seorang ahli pemasaran tidak bekerja sesuai dengan kebutuhan dari pelanggannya dan lebih terfokus pada taktik dan detail produk, untuk itulah Steve Jobs selalu menghargai hasil dari survei pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang sejatinya benar-benar diinginkan oleh para pelanggan. Dengan fokus tinggi yang diberikan oleh Steve Jobs pada hasil survei, maka tidak mengherankan produk-produk Apple seperti iPhone atau iPads begitu disukai banyak orang.

Sebagai internet marketers sudah selayaknya kita mengambil langkah yang sama seperti Steve Jobs, yaitu dengan memberikan perhatian lebih pada survei-survei pelanggan untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh audiens dan target pasar kita. Dengan sebuah survei pelanggan kita bisa mendapatkan umpan balik yang berharga untuk peningkatan produk dan strategi pemasaran kita.

steve jobs

Jika Anda sudah membaca artike kami di atas kami di Teknofans berharap bahwa ke lima hal tersebut dapat sama-sama kita ingat dan kita terapkan untuk strategi marketing kita. Bagi kami di Teknofans Steve Jobs akan lebih kami kenang lewat kerja kerasnya membangun Apple dan melalui kelima hal di atas, bukan hanya kisah dramatis seorang drop out yang kemudian bermain sulap menjadi milyader dan leader bisnis teknologi. Ok, sukses selalu untuk marketing Anda !

inspirasi artikel dr search engine land

LEAVE A REPLY