6 Aplikasi Terbaik sebagai Alternatif Pengganti Winamp

6 Aplikasi Terbaik sebagai Alternatif Pengganti Winamp

1785

Teknofans.com – Seperti kita ketahui bersama tepat pada tanggal 20 Desember 2013 maka Winamp berhenti beroperasi. Winamp benar-benar berhenti beroperasi setelah berumur kurang lebih 15 tahun lamanya setelah versi pertama Winamp dirilis pada 21 April 1997 oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev dari Nullsoft, yang kemudian diambil alih oleh AOL . Bahkan para penggemar Winamp tidak bisa lagi mendownload versi terbaru setelah tanggal tersebut. Mensikapi hal ini maka sudah barang tentu para pengguna Winamp akan mencari aplikasi lain sebagai alternatif pengganti Winamp. Dan untuk mengurangi gundah gulana Anda, kali ini kami akan turunkan artikel mengenai 6 Aplikasi Terbaik sebagai Alternatif Pengganti Winamp khusus untuk sobat Teknofans semua.

Amarok

amarok

Namanya cukup unik dan nyentrik, tapi aplikasi desktop KDE ini sangat populer dikalangan pengguna Linux. Meskipun sangat terkenal pada platform Linux namun telah sejak lama diluncurkan pula untuk versi Mac dan Windows yang dapat diunduh secara gratis. Seperti kebanyakan aplikasi Linux lainnya, Amarok adalah aplikasi yang solid, memiliki performa yang baik serta hanya sedikit menyedot sumber daya komputer Anda. Aplikasi Amarok ini masih tergolong mudah digunakan meskipun memiliki user interface yang agak berantakan karena adanya fitur informasi tambahan seperti lirik dan artikel dari Wikipedia. Nah dengan kelebihan dan kekurangannya di atas rasanya Amarok pantas menjadi aplikasi alternatif pengganti Winamp.

Foobar2000

foobar2000

Media player satu ini seoalah tampil begitu polos dengan segala kesederhanaan. Tapi tunggu sampai sobat Teknofans menjalankan fitur-fitur yang ditawarkannya, kami yakin Anda akan segera setuju dengan pendapat kami bahwa Foobar2000 pantas mendapatkan predikat sebagai aplikasi alternatif pengganti Winamp. Foobar2000 banyak disukai karena secara kualitas suara cukup bagus, ringan dijalankan dan memiliki banyak plugin pihak ketiga yang dirilis stabil meskipun tidak selengkap Winamp. Foobar2000 mendukung banyak format audio populer dan memiliki fitur-fitur duplicate finder, playlist organizer dan informasi file, aplikasi ini juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan terutama pada skin dan keyboard shortcut.

AIMP 3

aimp 3

AIMP 3 besutan programer Rusia yang berjalan pada platform Windows ini banyak disebut sebagai aplikasi tiruan Winamp yang dilengkapi dengan fitur yang sangat mirip dan memiliki kualitas audio yang bagus. Selain mendukung sebagian besar format audio populer, AIMP 3 juga memiliki dukungan untuk online radio serta memiliki paket audio conventer serta tag editor yang cukup baik. Dengan teknologi sound Crystal-Clear AIMP 3 dapat menghasilkan suara yang lebih jernih, lebih halus dan lebih unggul dibanding Winamp. Kekurangan yang sedikit mengganggu adalah adanya bug saat kita salah menghapus playlist maka file aslipun akan ikut terhapus.

MediaMonkey

mediamonkey

Aplikasi MediaMonkey yang pada peluncurannya pertama kali bernama Songs-DB ini mendukung penuh fitur streaming. Aplikasi ini akan sangat memanjakan Anda pengkoleksi ratusan mp3 karena fitur pengaturan koleksi musik yang sangat lengkap. MediaMonkey tidak hanya berfungsi sebagai media player atau pemutar musik saja, namun beberapa fitur seperti audio converter (konversi berbagai macam file audio ke ekstensi file audio lain, misal dari mp3 ke ogg) telah siap untuk Anda gunakan.

XMPlay

xmplay

XMPlay terkenal sebagai salah satu audio player yang palig ringan terutama saat dijalankan pada komputer-komputer jadul. Adapun untuk Anda yang ingin menghemat kapasitas penyimpanan hardisk maka XMPlay cocok untuk Anda karena ukuran filenya hanya 389 kb saja. Secara umum XMPlay telah bisa diandalkan sebagai sebuah media player, namun support untuk ekstensi file-file multimedia masih terbatas pada ekstensi-ekstensi cda, it, m3u, mo3, mod, mp1, mp2, mp3, mtm, ogg, pls, s3m, umx, wav, wax, wma, dan xm.

iTunes

itunes

iTunes telah lama tersohor sebagai media player pada OS besutan Apple. iTunes pada awalnya dikembangkan oleh Casady & Greene dan bernama Soundjam MP namun pada perkembangannya hak paten aplikasi tersebut dibeli oleh Apple. Seperti kebanyakan aplikasi-aplikasi besutan Apple lainnya, iTunes memiliki antar muka yang sangat bagus yang diikuti dengan kualitas suara yang cukup memuaskan. iTunes sangat baik dalam menangani manajemen lagu/playlist, proses pengolahan suara secara digital, serta kemudahan dalam mendownload lagu. Namun yang harus Anda perhatikan bahwa ukuran file iTunes semakin besar dari tahun ketahun.

NO COMMENTS

Leave a Reply