6 Tips Maksimisasi Windows Media Player

0
4278

Teknofans.com – Jika Anda menggunakan Sistem Operasi Windows maka sudah barang tentu Windows Media Player sudah menjadi aplikasi built in. Namun kita sering tak menghiraukan keberadaannya dan langsung menginstal winamp, k-lite, vlc media player atau foobar dan sejenisnya untuk menggantikan fungsi Windows Media Player. Nah dalam postingan kali ini Teknofans akan memberikan beberapa tips agar Anda semua dapat menggunakan Windows Media Player secara maksimal tanpa harus menginstall software komplemennya.

Install Codec Pack

codec pack

Satu hal yang membuat user Microsoft Windows lari ke software media player lain adalah tidak tersedianya cukup codec untuk media player yang membuat Windows Media Player hanya bisa memutar jenis file multimedia secara terbatas. Untuk bisa memutar format file terbaru dan populer biasanya secara default Windows Media Player akan meminta instalasi codec tambahan untuk memperkaya perpustakaan codec-nya. Hanya sayangnya Microsoft tidak menyediakan codec tambahan secara resmi dan Anda harus memilih satu dari banyak tawaran codec di internet. Teknofans memilih K-Lite Mega Codec Pack untuk perluasan pustaka codec Windows Media Player. Dan setelah terinstal maka Windows Media Player akan secara otomatis mulai mendukung semua format file yang ingin Anda putar.

Mengaktifkan Song Previews

song previews

Song Previews terkadang kedengaran sepele, namun begitu library musik Anda menggunung maka Anda akan mengalami kesulitan dalam melacak track yang Anda inginkan. Anda dapat mengaktifkan song previews melalui menu Tools > Library dan centang opsi “Automatically preview songs on track title hover” dan terakhir klik apply untuk mengaktifkannya. Dengan songs previews Anda akan dapat melihat judul lagu saat Anda mengarahkan cursor mouse dan Anda kini dapat dengan sesuka hati mengarahkan pilihan pada track yang Anda suka.

Streaming Internet Radio

internet radio

Tidak banyak yang mengetahui bahwa secara default Windows Media Player bisa melakukan streaming Internet Radio, dan tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya. Silahkan kunjungi windowsmedia.com dan pilih internet radio sesuai selera Anda. Begitu Anda menjatuhkan pilihan langkah selanjutnya adalah klik link “Listen” dan Windows Media Player akan melakukan streaming internet radio untuk Anda. Nah, sekarang Anda jadi punya ide untuk streaming internet radio sembari menyelesaikan pekerjaan Anda bukan ?

Menambahkan Lirik Lagu

Seperti browser, Windows Media Player  memungkinkan Anda untuk menginstal plug-in tambahan. Ada 3 alternatif plug-in pilihan Teknofans yang bisa digunakan untuk menambahkan lirik dalam Windows Media Player yaitu: MiniLyrics, MetroLyrics dan Lyrics Plugin. Silahkan kunjungi official website ketiganya dan kami yakin Anda akan dapat memutuskan plug-in mana yang paling sesuai dengan selera Anda.

Mengaktifkan Subtitles

Menyisipkan subtitle film bukan perkara mudah jika Anda menggunakan Windows Media Player terutama versi 12. Untuk membuat subtitle muncul di Windows Media Player maka Anda dapat menginstal tool gratis DirectVobSub untuk menampilkannya.  DirectVobSub terintegrasi secara otomatis dengan setiap DirectShow Player seperti Windows Media Player, Media Player Classic, MPC-HC dan sejenisnya.

Mengganti Skin Library

Jika Anda kurang begitu suka dengan default skin Windows Media Player maka Anda pasti akan menginstal skin yang sesuai dengan selera Anda. Tapi tunggu, menginstal skin tidak akan bekerja jika Anda menggunakan Library View. Untuk bisa merubahnya Anda perlu sedikit melakukan editing pada registry Anda, gunakan registry editor kesayangan Anda dan bukalah string di bawah ini:

HKEY_CURRENT_USER_\Software\Microsoft\MediaPlayer\Preferences

cari “LibraryBackgroundImage”  dan ubah defult value-nya menjadi apapun antara angka 0 sd 5.

Nah cukup mudah bukan tips dari kami ? Jika Anda sudah mencobanya dan puas bolehlah kami di share pengalaman Anda via comment di bawah ini.

 

LEAVE A REPLY