7 Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online

0
2166

Toko Online

Teknofans.com – Berikut ini adalah 7 strategi sederhana untuk meningkatkan penjualan toko online Anda

Mendapatkan Pelanggan Baru

Selain mempertahankan pelanggan lama, Anda juga harus bisa mendapatkan pelanggan baru agar bisnis Anda berkembang semakin besar. Berbagai cara sederhana bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan baru. Menggunakan system reseller atau dropship akan dapat meningkatkan angka penjualan Anda serta bisa mendapatkan pelanggan baru. Semakin banyak reseller dan dropshipper yang Anda miliki, maka semakin banyak pula “tenaga marketing” yang Anda miliki.

Selain itu Anda juga bisa mengoptimalkan social media untuk meningkatkan popularitas brand serta mendapatkan pelanggan baru. Anda bisapromosikan fans page Anda melalui facebook ads atau menyewa halaman fanspage orang lain yang telah memiliki jumlah fans besar.

Dapatkan Target Pasar Baru

Jika bisnis Anda telah berjalan beberapa lama, Anda akan mampu menganalisa darimana datangnya pembelian, mulai dari lokasi, gender, pekerjaan maupun perkiraan segmen umur. Setelah mengetahui pasar yang telah Anda kuasai, Anda bisa meningkatkan target pasar Anda dengan melakukan perubahan pada metode promosi maupun memberikan sedikit sentuhan perubahan pada produk Anda. Pertimbangkan juga untuk bisa melakukan penjualan di luar negeri, lakukan survey melalui search engine apakah produk yang Anda jual cukup di cari di luar negeri? Dan apakah harga jual Anda jauh lebih terjangkau? Anda juga bisa memperluas niche Anda untuk bis amendapatkan target pasar baru. Misalnya selama ini Anda hanya menjual produk yang sangat spesifik, Anda bisa mulai menambah jenis produk baru dengan memanfaatkan web toko online Anda yang sudah berjalan selama ini.

 Menjual Lebih Besar kepada Pelanggan Anda

Tawarkanlah program grosir untuk pelanggan setia Anda. Misalnya dengan memberikan potongan harga yang menggiurkan jika pembelian dalam jumlah besar. Atau tawarkan berbagai bonus dan hadiah kepada pelanggan setia Anda. Buatlah mereka “mau” untuk membeli produk Anda dalam jumlah besar.

 Tingkatkan Jumlah Pesanan Rata-Rata

Anda harus bisa meningkatkan jumlah pesanan rata-rata dari tiap customer yang membeli produk Anda. Gunakan metode diskon maupun promo yang menarik. Sehingga pelanggan akan merasa saying kalau hanya membeli satu macam produk dari toko Anda. Anda bis amelakukan permainan harga disini.

 Lakukan Ekspansi Produk

Ya, hal ini berarti Anda harus menambah macam produk yang Anda jual. Dan pastikan produk baru tersebut yang masih memiliki hubungan dengan produk yang selama ini telah berjalan supaya Anda mudah mengembangkanya. Misal selama ini Anda menjual jilbab, Anda bisa memulai menjual baju muslim maupun baju koko. Jika Anda selama ini menjual alat kecantikan, Anda bisa memulai menjual alat kesehatan dan sebagainya.

 Naikkan Harga !

Naikkan harga merupakan sebuah metode untuk mendapatkan keuntungan lebih. Tapi Anda harus hati-hati dalam menaikkan harga. Lihatlah pesaing Anda, jika masih memungkinkan Anda bisa menaikkan harga semua produk Anda. Tak perlu mematok kenaikkan harga tinggi. Jika Anda menaikkan 1% harga untuk setiap produk, dalam sehari Anda menjual 100 produk, maka berapa kenaikan yang bisa Anda dapatkan?

 Cross Channel Marketing

Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki toko online dan toko fisik. Tawarkan kepada pembeli online Anda bahwa mereka bisa mengambil barang di toko fisik yang Anda miliki. Dan sebaliknya, tawarkan kepada pembeli toko fisik Anda fasilitas belanja online dengan pengiriman gratis.

Jika Anda terlewat membaca artikel sebelumnya, silahkan klik disini untuk membaca part 1.

LEAVE A REPLY