Belanja Iklan Digital Indonesia 2010 – 2016

0
4438

Teknofans.com – Iklan tidak bisa disangkal masih menjadi andalan para pelaku bisnis dan usaha. Iklan disebarkan secara massive dengan berbagai media, salah satunya adalah internet. Hampir setiap website yang kita kunjungi selalu menampilkan iklan pada lamannya, tak terkecuali laman-laman website yang berasal dari Indonesia. Perkembangan dan penggunaan internet sebagai media marketing adalah dampak dari penetrasi dan kemudahan akses internet di Indonesia. Semakin mudah akses internet, semakin murah perangkat untuk mengakses internet maka akan semakin luas jumlah pengguna, yang berarti semakin luasnya potential market bagi pemasaran produk dan jasa melalui iklan.

digital advertising

Jika anda penasaran dengan seberapa besar pengeluaran iklan digital Indonesia per pengguna internet maka Statista sebuah perusahan statistik internet merangkum sebuah grafik yang berisi jumlah pengeluaran belanja iklan digital per pengguna internet Indonesia untuk tahun 2010 dan 2011 serta forecasting sampai dengan tahun 2016. Sumber data yang digunakan adalah sebuah survei yang dilakukan oleh eMarketer pada bulan September 2012 untuk wilayah survei Indonesia.

Digital ad spending per internet user in Indonesia 2010-2016
sumber: Statista

Pada tahun 2013 ini pengeluaran belanja iklan digital per pengguna di Indonesia sudah mencapai $18, meningkat 4,5 kali lipat dibanding pengeluaran pada tahun 2010. Iklan digital yang dimaksud pada survei eMarketer tersebut termasuk iklan yang muncul pada komputer desktop maupun laptop serta perangkat model seperti ponsel dan tablet, dan mencakup semua format iklan pada berbagai platform tersebut, diantaranya SMS, MMS dan iklan berbasis pesan P2P.

Untuk tahun 2016 diperkirakan belanja iklan digital per pengguna di Indonesia akan mencapai $39 yang berarti hampir 10 kali lipat dibanding belanja serupa pada tahun 2010. Kenaikan yang signifikan ini memberikan signal akan perkembangan dunia digital di Indonesia khususnya Internet Activity. Dan jika Anda adalah pelaku usaha, sudah saatnya Anda berkonsentrasi pada pemasaran online mengingat betapa luasnya potential buyer yang dapat Anda sasar melalui pemasaran internet. Selamat beriklan online !

gambar ilustrasi via Robgonda

LEAVE A REPLY