Fantastis, Komputer Analog Tertua Berusia 2000 Tahun Ditemukan

0
1679

Mekanisme Antikythera

Teknofans.com – Sebuah alat yang disebut Mekanisme Antikythera adalah komputer analog kuno yang dirancang untuk menghitung posisi astronomi. Mesin ini sebenarnya sudah ditemukan pada tahun 1900, tetapi manfaat, tujuan dan sistem tentang alat ini baru diketahui satu abad kemudian.

Mekanisme Antikythera  adalah alat yang luar biasa, dari segi nilai sejarah dan benar-benar sangat langka, ini lebih dari hanya sekedar karya seni. Mekanisme Antikythera adalah peninggalan teknologi masa lampau yang sulit bisa kita bayangkan teknologi itu ada sejak 2000 tahun lalu. Mekanisme Antikythera disimpan di Museum Arkeologi Nasional di Athena.

Mesin ini memiliki mekanisme gigi kompleks tertua dan kadang-kadang disebut komputer analog pertama yang dikenal. Mekanisme ini dioperasikan dengan memutar engkol tangan kecil (sekarang hilang) yang terhubung melalui gigi terbesar.

Tindakan memutar engkol tangan juga akan menyebabkan semua gigi saling bertautan dalam mekanisme untuk memutar, mengakibatkan perhitungan posisi matahari dan bulan dan informasi astronomi lainnya, seperti fase bulan, siklus gerhana, dan bahkan mampu mengetahui lokasi planet. Fantastis.

LEAVE A REPLY