Ilmuwan Gila Ciptakan Organ Pendengaran Layaknya Manusia Super

0
1481

Telinga Super

Dalam film-film biasanya seseorang mendapatkan kemampuan super dikarenakan tergigit serangga hasil mutasi maupun terkena paparan radioaktif yang membuat seseorang memiliki kelainan berupa kemampuan super dalam hal tertentu. McAlpine adalah seorang ilmuwan yang berambisi menciptakan organ tubuh sintetis yang memiliki kekuatan super.

McAlpine meraih gelar Ph.D. kimia di Harvard dan sekarang menjadi asisten profesor teknik mesin dan kedirgantaraan di Princeton, di mana ia memimpin sebuah kelompok riset  dengan anggota berjumlah sembilan orang.

Proyek terbarunya, telinga sintetik dibuat dengan 3D Bioprinter Dia membuat Struktur biomekanik kompleks dengan mendepositokan sel hidup dan konduktif perak secara berlapis-lapis. Hal Ini dimulai dengan eksplorasi sifat material. Dia menyadari bahwa implan koklea, salah satu pengobatan untuk gangguan pendengaran, dibuat manual dalam proses yang lambat dan biaya yang mahal.

Tapi visi McAlpine s jauh lebih besar dari sekedar membuat alat bantu pendengaran secara massal, dia ingin manusia bisa memiliki kemampuan pendengaran super layaknya lumba-lumba dan kelelawar. Dia berencana membuat telinga buatan yang dapat langsung terhubung dengan otak. Sehingga orang tersebut tak hanya mampu mendengar seperti semula akan tetapi mampu memiliki pendengaran super. Ambisi McAlpine memang begitu besar, dia mengatakan bahwa berbagai organ tubuh manusia ternyata bisa diupograde agar dapat memiliki kemampuan lebih. Benar-benar ilmuwan gila dan ambisius. (sumber)

LEAVE A REPLY