Pengertian E-commerce dan Tipe-tipenya

0
4004

e-commerce marketing

Teknofans.com – Kami yakin reader Teknofans semua sudah familiar dengan kata e-commerce dan bahkan sering mengucapkannya dalam keseharian, namun jika ditanya pengertian e-commerce dan tipe-tipenya kami yakin hanya segelintir saja yang mampu menjawabnya tanpa googling terlebih dahulu.

Definisi E-commerce

Dalam bahasa Indonesia e-commerce diterjemahkan sebagai Perdagangan elektronik atau e-dagang. Pengertian e-commerce dikutip dari wikipedia adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

pengertian-e-commerce

E-commerce sudah dimulai jauh sebelum era website menjadi populer seperti saat ini. Pada tahun 1970-an e-commerce dilakukan melalui mekanisme business transactions dengan platform EDI (Electronic Data Interchange) via VANs (Value-Added Networks). E-commerce berkembang dari waktu ke waktu, dan pada saat ini kita bisa membagi model bisnis e-commerce menjadi 4 kategori utama:

B2C (Business-to-Consumer)

Ini adalah model bisnis e-commerce yang paling awal di mana suatu perusahaan bisnis menjual produk-produknya langsung kepada masyarakat umum melalui katalog-katalog digital ataupun aplikasi shopping chart. Kehadiran produk-produk dalam format digital akan memudahkan para konsumen untuk mendapatkan berbagai kebutuhannya secara cepat tanpa harus meluangkan waktu yang lama untuk menuju suatu pusat perbelanjaan.

B2B (Business-to-Business)

Pada tipe ini perusahaan ecommerce menjalankan bisnisnya dengan partner sesama perusahaan, baik sebagai distributor atau pemasok maupun menjadi pusat grosir suatu produk tertentu untuk beberapa retailer-nya. Perkembangan teraktual pada model B2B adalah sistem dropship yang menjamur pada online market Indonesia belakangan ini.

C2C (Consumer-to-Consumer)

Model bisnis ini sangat familiar dan berkembang di Indonesia. Siapa tidak kenal Kaskus, Tokobagus, Tokopedia dan situs-situs sejenisnya, itulah contoh riil dari model bisnis C2C di mana website-website tersebut menyediakan jasa iklan individual gratis atau forum khusus yang memang disediakan khusus untuk kegiatan jual beli bagi member-nya. Untuk lingkup global kita sudah familiar denganĀ  eBay, Craiglist dan Paypal.

C2B (Consumer-to-Business)

Di C2B Bisnis perorangan (individu) memposting suatu project dilengkapi dengan estimasi budget-nya. Setelah mempertimbangkan listing project tadi maka satu atau beberapa perusahaan yang telah mempertimbangkan bahwa project tersebut realible untuk dikerjakan akan melakukan bid, dan si individu akan menetapkan pemenang setelah mempertimbangkan penawaran yang masuk. Pada model bisnis C2B Elance adalah contoh model bisnis yang telah eksis sejak lama.

LEAVE A REPLY