Penting: 5 Google Search Query Operators untuk SEO

0
1223

Teknofans.com – Apakah judul di atas cukup provokatif ? Hmmm mungkin tidak ya, jika Anda terbiasa bergelut dengan dunia SEO Anda tentu tidak akan asing lagi. Nah dalam kesempatan ini Teknofans akan menurunkan tulisan tentang 5 Google Search Query Operators yang menurut kami terpenting dalam menunjang kegiatan SEO. Dan tidak perlu takut atau cemas, ini bukan high skill requirements kok masih basic se-nubie saya dalam dunia SEO.

Apa yang Anda bayangkan saat membaca kata SEO ? Link building, keywords spamming, atau social media strategy ? Bukan, mari kita luruskan dahulu, pekerjaan pertama dalam SEO adalah keyword reseach, saat mendapatkan atau memulai sebuah SEO project, fokus kita akan tertuju untuk meneliti dan mengamati kata kunci yang tepat sebelum melakukan SEO campaign. Dan tidak terasa kadang aktivitas yang sering dianggap sepele ini akan menghabiskan sebagian besar waktu kita, melancong dari satu tab browser ke tab browser satunya untuk mengejar keywords yang benar-benar tepat.

google operators

Untuk memulai aktivitas SEO kita harus memahami bahwa tools atau software SEO pihak ketiga tidak sepenuhnya bisa diandalkan. Kenapa begitu ? Karena untuk mendapatkan kata kunci yang tepat mesin pencari memiliki operator pencarian untuk mempersempit hasil pencarian. Kadang kala kita menganggapnya sepele dan tidak menghiraukannya, namun believe it or not Google memiliki setidaknya lusinan operator pencarian baik basics atau advanced, dan lima pilihan dari Teknofans adalah sebagai berikut:

site: <url>

Contoh: site:teknofans.com or site:teknofans.com “search term”

Ini adalah operator dasar dan paling berguna serta paling dikenal. Fungsi utamanya adalah menyajikan data indeks suatu url website tersebut pada mesin pencari Google. Anda dapat membandingkan jumlah indeks hasil dari query operator ini dengan jumlah halaman yang telah diterbitkan. Jika hasilnya menunjukkan perbedaan jumlah yang sangat signifikan, maka saatnya Anda mencermati proses crawling bot Google pada website Anda, dan bukan tidak mungkin terdapat kesalahan dalam pengaturan robot.txt Anda.

Operator ini juga biasa digunakan untuk mencari kata kunci yang spesifik dalam sebuah website, dan Google akan memberikan semua halaman situs yang mengandung kata kunci tersebut dan diurutkan berdasarkan relevansinya. Dengan hasil ini Anda akan memiliki keuntungan untuk mengetahui halaman situs Anda yang paling relevan terhadap kata kunci yang anda kampanyekan.

Kabar baiknya operator ini bekerja tidak hanya di Google tapi juga Bing !

Pencarian dengan tanda kutip (Search with quotes)

Contoh: “adik bayi”, “adik” bayi atau “adik” “bayi”

Fungsi tanda kutip di sini adalah untuk menegaskan bahwa hasil pencarian yang diinginkan adalah kata kunci yang berada di antara tanda kutip. Silahkan mencoba contoh kami di atas, variasi penggunaan tanda kutip akan memberikan hasil pencarian yang berbeda.

Menggunakan quotes untuk permintaan pencarian Anda, dapat membantu Anda menentukan apakah halaman Anda benar-benar terindeks untuk kata kunci yang sedang Anda optimalkan serta akan membantu Anda mengidentifikasi kata kunci dari situs pesaing Anda.

link:<url>

Contoh: link:teknofans.com or link:teknofans.com/page1

Operator ini akan memberikan contoh dari situs yang memberikan link kepada situs yang kita cek. Dahulu ketika menggunakan operator ini permintaan akan memberikan hasil dari semua halaman dengan link ke URL yang diberikan. Sayangnya, Google telah menghentikannya untuk meningkatkan fairness dalam pemeringkatan situsnya. Jika Anda tetap ingin mencoba untuk mendapatkan daftar lengkap link maka Anda harus menggunakan Google Webmaster Tools. Operator ini juga akan bekerja di dua mesin pencari lainnya, yaitu Bing dan Yahoo!, tapi Yahoo! tidak memerlukan http:// untuk digunakan pada awal URL.

Adapun fungsi utama dari operator ini dalam SEO adalah Anda akan mendapatkan contoh gambaran link-link yang masuk kepada situs-situs pesaing Anda sehingga Anda dapat membuat strategi link building yang lebih fokus dan terarah saat memulai sebuah project SEO.

intitle: “search term”

Contoh: intitle:”adik bayi”

Memastikan judul tag setiap halaman telah dioptimasi untuk kata kunci tertentu adalah salah satu elemen yang fundamental dalam SEO. Dengan menggunakan operator ini Anda akan memiliki data seberapa banyak website lain yang berkompetisi dengan kata kunci yang sama dengan Anda. Sehingga Anda dapat menyimpulkan secara umum apakah kata kunci yang Anda targetkan memiliki tingkat persaingan yang berat atau relatif ringan.

Nah jika Anda mengejar kata kunci tertentu dan menemukan situs-situs kuat seperti kaskus, tokobagus atau detik dalam halaman pertama hasil pencarian Anda maka boleh jadi tingkat kompetisinya adalah sangat berat, kecuali Anda benar-benar tertantang untuk menaklukkan kata kunci tersebut, silahkan dicoba.

Operator intitle: Operator juga bekerja untuk Bing dan Yahoo!.

info: <url>

Contoh: info:teknofans.com or info:teknofans.com/page1

Operator ini akan memberikan beberapa informasi yang penting dan berguna untuk melakukan keywords research yang kompetitif. Jika Anda menggunakan operator ini maka Google akan menyajikan judul halaman, deskripsi, dan beberap informasi mengenai:

  • Cache terbaru URL
  • Halaman yang memiliki konten serupa dengan URL
  • Halaman yang memiliki pranala ke URL
  • Halaman link yang dari situs
  • Halaman yang berisi URL di dalamnya

Untuk operator terakhir ini hanya bekerja di lingkungan Google saja. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lusinan Search Query Operators lainnya silahkan mendalam-dalam di Search Help milik Google.

image via

LEAVE A REPLY